Definisi
•
Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan (Stoner).
•
Manajemen merupakan ilmu dan seni.
•
Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan
(Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)
Manajemen berasal dari bahasa inggris to
manage yang berarti mengatur. Jadi manajemen merupakan suatu proses untuk
menwujudkan tujuan yang diinginkan. Ada beberapa pertanyaan yang muncul dari
definisi manajemen tersebut yaitu:
- Apa
yang diatur? (WHAT)
- Kenapa
harus diatur? (WHY)
- Siapa
yang mengatur? (WHO)
- Bagaimana
mengaturnya? (HOW)
- Dimana
harus diatur? (WHERE)
WHAT?
•
Yang diatur adalah semua unsur manajemen
yang terdiri dari 6 M (Men, Money, Methods, Materials, Machines, and Market)
dan semua aktivitas yang ditimbulkannya dalam proses manajemen.
WHY?
•
Agar unsur manajemen (6M) itu lebih
berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai
tujuan yang optimal
WHO?
•
Yang mengatur adalah pemimpin dengan
wewenang kepemimpinannya melalui instruksi atau persuasi, sehingga 6M dan semua
proses manajemen tertuju serta terarah kepada tujuan yang diinginkannya
HOW?
•
Cara mengaturnya adalah melalui proses
dari urutan fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, and
Controlling)
Where?
•
Dalam suatu organisasi atau perusahaan,
karena organisasi merupakan alat dan wadah untuk mengatur 6 M dan semua
aktivitas proses manajemen dalam mencapai tujuannya.
•
Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui
orang lain (Follet,1997)
•
Sebuah proses yang dilakukan untuk
mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya
organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
•
Seni atau proses dalam menyelesaikan
sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
Sumber Daya Organisasi
•
Sumber Daya Manusia
•
Sumber Daya Informasi
•
Sumber Daya Fisik
•
Sumber Daya Keuangan
•
Sumber Daya Alam
•
dll
Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
Efektif :
•
mengerjakan pekerjaan yang
benar atau tepat
Efisien :
•
mengerjakan pekerjaan dengan
benar atau tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar