Laman

Senin, 15 Juli 2013

Adab Dalam Rumah

Adab-Adab Dalam Rumah.Rumah adalah sebuah bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu.Dalam artian yang lebih spesifik pengertian adalah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, tempat bertumbuh, makan, tidur, beraktivitas.Rumah juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, euntuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga.

Dalam islam pun, Rasulullah telah memberikan tuntunan berkaitan dengan adab dalam rumah,bagaimana seharusnya sebagai penghuni dan anggota keluarga bila memperlakukan dan beraktifitas dalam rumah.

adab rumah,sunnah dalam rumah,Taman Berbagi


Berikut adalah beberapa adab dalam rumah yang telah dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam :
  • Rasulullah menyadari bahwa dunia adalah tempat untuk berjalan bukan tempat menetap, maka beliau menjadikannya tempat tinggal sebatas kebutuhan, baik untuk menutupi diri dari pandangan orang, menghindarkan diri dari bahaya panas, dingin, hujan dan angin serta menjaga apa yang hidup padanya dari binatang piaraan dan yang lainnya, beliau tidak menghiasi dan membangunnya dengan berlebih, rumah beliau bukanlah rumah yang megah sehingga orang lain takut jika dia hancur.Rumah Rasulullah adalah rumah sederhana yang baik.
  • Sesungguhnya Allah Ta'ala menjadikan bagi rumah-rumah tersebut kehormatan, firman Allah Ta'ala :
    "Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: “Waktu bagi manusia dan (bagi ibadat hajji); Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang-orang bertaqwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya, dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu beruntung". (QS.Al-Baqarah :189)
  • Berdoa kala kita keluar rumah dengan doa yang dianjurkan adalah : "Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah dan tiada daya dan upaya kecuali seizin Allah". (HR. Abu Dawud no: 4349, Al-Turmudzi no: 3666)
  • Berdoa di kala akan memasuki rumah :
    "Dengan menyebut nama Allah kami memasuki rumah, dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah kami berserah diri”. Kemudian mengucapkan salam kepada keluarganya". (HR. Abu Dawud no: 1091)
  • Dalam membangun rumah tidak didirikan dengan bermegah-megahan.
  • Mematikan lampu.
  • Menahan anak-anak kecil pada waktu isya berdasarkan sabda Rasulullah :
    "Tahanlah anak-anakmu sampai berlalunya malam atau menghilangnya waktu isya’; pada saat setan-setan sedang bergentayangan".( HR. Muslim )
Demikianlah sebagian dari adab-adab dalam rumah yang telah Rasulullah tuntun kepada kita.Semoga kita juga bisa menjalankan adab dalam rumah dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : http://tamannya-hati.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar