Laman

Senin, 22 Juli 2013

Dasar-Dasar Manajemen

Definisi

      Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).

      Manajemen merupakan ilmu dan seni.

      Ada 4 fungsi utama dalam manajemen: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)


Manajemen berasal dari bahasa inggris to manage yang berarti mengatur. Jadi manajemen merupakan suatu proses untuk menwujudkan tujuan yang diinginkan. Ada beberapa pertanyaan yang muncul dari definisi manajemen tersebut yaitu:
  1. Apa yang diatur? (WHAT)
  2. Kenapa harus diatur? (WHY)
  3. Siapa yang mengatur? (WHO)
  4. Bagaimana mengaturnya? (HOW)
  5. Dimana harus diatur? (WHERE)

WHAT?
      Yang diatur adalah semua unsur manajemen yang terdiri dari 6 M (Men, Money, Methods, Materials, Machines, and Market) dan semua aktivitas yang ditimbulkannya dalam proses manajemen.
WHY?
      Agar unsur manajemen (6M) itu lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal
WHO?
      Yang mengatur adalah pemimpin dengan wewenang kepemimpinannya melalui instruksi atau persuasi, sehingga 6M dan semua proses manajemen tertuju serta terarah kepada tujuan yang diinginkannya
HOW?
      Cara mengaturnya adalah melalui proses dari urutan fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling)
Where?
      Dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena organisasi merupakan alat dan wadah untuk mengatur 6 M dan semua aktivitas proses manajemen dalam mencapai tujuannya.


      Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
      Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
      Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)

Sumber Daya Organisasi

      Sumber Daya Manusia
      Sumber Daya Informasi
      Sumber Daya Fisik
      Sumber Daya Keuangan
      Sumber Daya Alam
      dll


Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)

Efektif :
      mengerjakan pekerjaan yang benar  atau tepat

Efisien :

      mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar