Laman

Senin, 15 Juli 2013

Tips Memilih Sahabat

Tips Memilih Sahabat.Persahabatan adalah sebuah istilah yang menggambarkan perilaku kerjasama antara dua atau lebih manusia.Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain. Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Sahabat yang baik juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Memilih Sahabat,Taman Berbagi

Sehingga seorang sahabat dapat mempengaruhi perilaku, akhlaq bahkan agama kita.Maka seseorang harus berhati-hati dalam memilih sahabat.Ia harus selektif dengan siapa akan bergaul.Karena sahabat dapat menghantarkan kita kepada kebahagiaan baik dunia maupun akherat kelak, sahabat juga dapat menjerumuskan ke lembah kehinaan dan kesengsaraan baik dunia ataupun akhirat kita.Maka pandai-pandailah diri kita dalam memilih sahabat.

Berikut beberapa tips memilih sahabat yang bermanfaat bagi dunia serta akherat kita nantinya :
  1. Kita harus mengetahui akhlaq seseorang yang akan menjadi sahabat kita, karena akhlaq kita nantinya juga akan menjadi akhlaq sahabat kita.Demikian juga sebaliknya.
  2. Mengetahui kebiasaan seseorang, karena kebiasaan sahabat kita nantinya akan menjadikan kebiasaan diri kita sendiri.Bila sahabat kita terbiasa mengaji ataupun membaca Alqur'an maka Insya Allah pun kita akan terbiasa akan hal tersebut.Demikian pula sebaliknya dengan kebiasaan yang buruk.
  3. Mengetahui dengan siapa kita kita bergaul karena hal tersebut akan berpengaruh dan mempengaruhi kita.
  4. Mengetahui bagaimana sikapnya terhadap agama, apakah akan membantu kita dalam ketaatan atau malah sebaliknya.
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai tips memilih sahabat dan semoga berguna.Dan akhirnya pilihannya akan kembali kepada diri kita sendiri.Karena memang kehidupan ini adalah pilihan, pilihan yang baik atau pilihan yang buruk.

Sumber : http://tamannya-hati.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar